Pentingnya Melestarikan Air Demi Indonesia yang Lebih Baik

21 Aug 2014

969818933881a0f49386b4a2bacff11c_keran-copy

Air???kenapa kita butuh air?air yang menjadi salah satu kebutuhan mahluk hidup sehari-hari tidak dapat dipisahkan khususnya terhadap kehidupan manusia, bukan hanya itu air juga dibutuhkan oleh mahluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan. Tanpa air kemungkinan tidak akan ada kehidupan di dunia ini karena seluruh mahluk hidup yang ada di dunia ini membutuhkan air.
Ahir ahir ini air sudah kurang perhatian dari manusia, banyak faktor yang mempengaruhi kurangnya perhatian manusia terhadap air salah satunya adalah air sudah tidak dimanfaatkan dengan baik oleh manusia. Agar air dapat kita manfaatkan dengan baik khususnya air tanah marilah kita baca dulu apa manfaat dari air tanah itu sendiri diantaranya adalah sebagai beriku:
1. Merupakan bagian yang penting dalam siklus hidrologi,
2. Menyediakan kebutuhan air bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan,
3. Merupakan persediaan air bersih secara alami,
4. Untuk keperluan hidup manusia (minum, memasak dan mencuci),
5. Untuk keperluan industri (industri tekstil dan industri farmasi), dan
6. Untuk irigasi pada sektor pertanian.
Setelah kita mengetahui beberapa manfaat dari air apakah kita tidak akan memanfaatkannya dengan baik?pilihan ada ditangan kita masing masing, tentunya ketika air sudah tidak kita manfaatkan dengan baik jangan harap anak cucu kita nantinya akan menikmati air seperti yang kita rasakan sekarang ini. Namun kondisi yang terjadi saat ini sudah tidak sesuai dengan kondisi yang ada, salah siapakah kalau kondisinya seperti ini?dalam keadaan seperti ini jangan salahkan siapa-siapa tetapi kita harus bisa introspeksi karena solusi terbaik adalah dimulai dari kita sendiri untuk memanfaatkan air dengan baik.
Maka dari itu air sangat berfungsi sekali dan menjadi peranan yang sangat penting bagi kehidupan mahluk hidup yang ada di muka bumi ini. Penting bagi setiap manusia agar selalu melestarikan dan menjaga air yang kita gunakan setiap harinyaagar tetap terjaga kelestariannya dengan cara melakukan pengelolaan air dengan baik seperti penghematan, tidak melakukan ilegal loging, tidak membuang sampah sembarangan serta limbah yang dapat membuat air tercemar sehingga dapat mengganggu ekosistem yang sudah ada.
Saatnya sekarang kita membuat perubahan yang nyata agar nantinya kita bisa menjaga kelestarian air dan tetap bisa dinikmati oleh anak cucu kita, hal yang dapat kita lakukan adalah jangan terpengaruh dengan nafsu duniawi yang bisa membuat kita merusak alam tanpa memperhatikan dampak yang akan ditimbulkan keduanya. Kita harus menjaga kelestarian air supaya tetap bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.


TAGS


-

Author

Follow Me